TUGAS I

TUGAS I
Maritha Try Rachmadani

Kamis, 27 Juni 2013

MENGAPA KASUS BANK CENTURY SULIT DI BONGKAR



MENGAPA KASUS BANK CENTURY SULIT DI BONGKAR

Kasus Bank Century kembali bergulir. Tapi apakah kasus ini bisa berhasil diusut secara tuntas ? Pengamat politik Sugeng Soerjadi Syndicate, Toto Sugiarto memprediksi pengusutan kasus Bank Century  tak akan semulus seperti apa yang diharapkan. Sebab, kasus itu   mengaitkan banyak pihak. "Dulu kasus ini sudah terang benderang, ketika pansus DPR (DewanPerwakilan Rakyat) menyelesaikan penyelidikannya.Namun, ketika itu langkah DPR terhenti pada keputusan yang kurang akurat dan tepat, yaitu menyerahkan pada proses hukum," Padahal, proses politik yang berhasil diselesaikan itu telah membuka kasus sangat yang sangat jelas bahwa kasus Bank century banyak pihak yang berada dalam kasus ini.

Masalah dana talangan Bank Century senilai Rp6,7triliun tidak diragukan lagi merupakan tindakan kriminal. Hal tersebut sudah tergambar jelas dari hasil audit sementara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tidak diragukan lagi kalau itu adalah tindakan criminal.
Walau demikian, hal tersebut nampaknya akan susah untuk dibongkar. Pasalnya, masalah Century tersebut merupakan masalah politis.Apalagi, kasus ini mengarah ke Wapres Boediono dan Menkeu Sri Mulyani. "Kalau dibuka bisa saja, tapi tidak di pemerintahan yang sekarang ini.Mungkin di pemerintahan masa selanjutnya,”
 
Namun, karena dasarnya memang setiap partai politik (parpol) banyak teribat dalam kasus korupsi, maka pada saat itu ada upaya saling menyembunyikan apa yang mereka ketahui menggunakan cara-cara mencari kelemahan masing-masing. Akhirnya kasus Century yang sudah sangat jelas itu menjadi tenggelam dengan alas an diserahkan pada proses hukum.  Dengan sekeras apapun usaha untuk memecahkan masalah bank Century tetap akan susah karena, Para politik akan saling mengunci. Masing-masing para politik mengetahui apa "perbuatan" partai lainnya. Hampir bisa dipastikan yang akan terjadi saling mengunci, dan nasib kasus ini akan tetap sama. Memang ada invisible hand yang mengatur agar masalah ini tidak menjadi masalah pidana. Apalagi, anggota BPK sekarang ini banyak yang bermasalah, dan umumnya merupakan politisi dari Partai Demokrat.

Menurut saya, tidak  mengherankan  lagi kalau orang BPK nantinya akan banyak berkaitan dengan para penegak hukum. Begitu juga bukan tidak mungkin audit Bank Century hasilnya akan sama seperti hasil penyelidikan sebelumnya yaitu tidak memuaskan dan sia-sia.  


Sumber :
1. http://nasional.sindonews.com/read/2013/03/06/12/724398/parpol-saling-mengunci-kasus-century-sulit-dibongkar 
2. http://lifestyle.okezone.com/read/2009/10/23/320/268718/320/search.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar