TUGAS I

TUGAS I
Maritha Try Rachmadani

Selasa, 10 April 2012

TUGAS 5

UPAYA PEMERINTAH MENGATASI MASALAH KEMISKINAN
 
Masalah kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dihadapi semua pemerintah. Masalah kemiskinan dianggap salah satu hal yang menghambat pembangunan. Kemiskinan merupakan di mana seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Faktor yang menyebabkan terjadinya kemiskinan yaitu : tingkat pendapat yang tidak sesuai, keterbatasan pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu, kondisi lingkungan yang kurang bersahabat. Sehingga angka kemiskinan di tingkat masyarakat cukup tinggi. Oleh karena itu pemerintah harus segera mengatasi masalah kemiskinan untuk mencegah lambatnya pembangunan nasional. Dengan begitu, kemiskinan akan semakin bertambah seiring tidak terjadinya pemerataan pembangunan . Untuk mengatasi masalah kemiskinan pemerintah memiliki peran besar besar.
Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kemiskinan adalah :
1.  Dengan menggerakkan sektor real melalui sektor UMKM. Kebijakan yang menyangkut sektor ini seperti program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Upaya strategis yang dapat dilakukan dalam rangka pemberdayaan UMKM antara lain, menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan UMKM meliputi regulasi dan perlindungan usaha, menciptakan sistem penjamin bagi usaha mikro, menyediakan bantuan teknis berupa pendampingan, memperbesar akses perkreditan pada lembaga keuangan. Dengan langkah-langkah tersebut, maka sektor UMKM akan lebih bergerak yang pada akhirnya akan berakibat mengurangi angka kemiskinan.
2.  Program pembangunan infrastruktur pedesaan di alokasi untuk desa,kabupaten dan kota di setiap provinsi. Seluruh desa tersebut ialah usulan dari semua masyarakat dan pemerintah yang belum mendapatkan program kompensasi pengurangan subsidi bahan bakar minyak. Program ini menekankan partisipasi masyarakat dalam proses kegiatannya.
3.   Pemerintah perlu menyusun strategi, kebijakan dan penanggulangan kemiskinan daerah sesuai dengan karakteristik dan sumber daya masing-masing. Penyusunan strategi kebijakan dan penanggulangan kemiskinan ini yang terpenting harus benar-benar berdasarkan pada pendataan kemiskinan secara langsung pada masyarakat miskin.
4. Menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja untuk mengurangi banyaknya pengangguran yang ada. Karena pengangguran merupakan salah satu penyebab kemiskinan.
5. Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. Program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama beras dan dan kebutuhan pokok yang lainnya. Program yang berkaitan dengan ini seperti :
·         Penyediaan cadangan beras pemerintah
·         Stabilisasi harga komoditas primer
6.      Mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin. Hal ini bertujuan untuk terciptanya dan terfasilitasinya kesempatan berusaha yang lebih luas dan berkualitas bagi masyarakat miskin diantaranya adalah :
·     Penyediaan dan untuk kegiatan produktif skala usaha mikro dengan pola bagi hasil  konvensional.
·    Memberikan bimbingan atau pendampingan dan pelatihan pengelola lembaga keuangan mikro atau koperasi simpan pinjam.
·  Peningkatan akses informasi dan pelayanan pendampingan pemberdayaan dan ketahanan masyarakat miskin.
·   Peningkatan koordinasi mengatasi kemiskinan berbasis kesempatan berusaha bagi masyarakat miskin.
DAFTAR PUSTAKA

·        
http://mkp.fisip.unair.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=83:komitmen-dan-konsistensi-pemerintah-dalam-mengatasi-masalah-kemiskinan-&catid=34:mkp&Itemid=62


2 komentar:

  1. Mantaph nih artikel'a
    Semoga bisa bermanfaat ya
    kunjungi balik juga ya di Ikubaru Blogzia: Ekonomi

    makasih ya sob :)

    BalasHapus